Menu
SELAMAT DATANG DI BERKAH KONVEKSI - SPESIALIS PEMBUATAN KEMEJA & JAKET ORGANISASI

Pengetahuan penting untuk pengusaha kaos oblong

Dec
25
2019
by : berkahkonveksi. Posted in : Kaos
(Last Updated On: December 25, 2019)

Belajar ilmu kaos oblong – Suka pelajaran sejarah? hobi makai kaos? Tentunya anda juga tertarik belajar  sejarah kaos oblong, bukan? Terus baca artikel ini hingga tuntas. Kalau nyari Pabrik konveksi kaos semarang, disini tempatnya. (Mau bikin kaos? Silahkan hubungi kami via whatsApp)

 

tempat pembuatan kaos oblong

 

kaos merupakan jenis pakaian yang banyak dipakai oleh masyarakat. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Memiliki desain simpel menjadikan kaos  cocok untuk segala aktifitas. Jadi wajar jika banyak masyarakat memakai kaos alias Tshirt.

 

Pada artikel ini, kami dari berkah konveksi, konveksi recomended di semarang akan membahas tentang pengertian kaos, sejarah kaos oblong, awal mula perkembangan, termasuk bagaimana sejarah kaos oblong masuk ke Indonesia.

 

Namun sebelum itu jika anda mencari jasa pembuatan kaos yang murah dan berkualitas di semarang, bisa langsung klik artikel kami yang berjudul konveksi kaos semarang.

 

Karena cuma berkah konveksi yang hadir sebagai pabrik konveksi kaos termurah, terbagus, dan tercepat

 

Pengertian Kaos

 

Kaos  disebut juga dengan T-Shirt.

 

Kenapa disebut dengan T-Shirt? Jawabannya akan kami ulas dalam pembahasan sejarah. Jadi terus baca artikel kami hingga selesai. ^_^

 

Kaos adalah jenis pakaian atas. Sehingga memiliki fungsi untuk menutup bahu, perut, dada, serta sebagian lengan. Kaos biasanya dibuat tanpa kancing, kerah, ataupun saku. Kalau kita melihat kebanyakan kaos  memiliki lengan pendek (dari bahu sampai siku) juga berleher bundar (o-neck). Meskipun di pasaran kita akan menjumpai kaos berlengan panjang dengan bentuk kerah leher V (v-neck).

 

Sejarah Kaos Oblong

 

Selanjutnya mari kita bahas sejarah kaos oblong. Apa pentingnya membahas sejarah kaos oblong? Untuk pecinta Tshirt, tentunya tidak lengkap jika belum tahu mengenai sejarah kaos oblong.

 

Pada abad 19 sampai awal abad 20, T-Shirt / kaos  digunakan oleh tentara Inggris juga Amerika sebagai pakaian dalam. Para tentara memakai kaos saat cuaca sedang panas dan untuk kegiatan-kegiatan yang tidak memakai seragam.

 

Pada zaman itu kaos hanya dipakai oleh para tentara. Karena masyarakat belum mengenal penggunaan kaos /T-shirt dalam kehidupan sehari-hari. Pada masa itu warna serta bentuk kaos belum bervariasi seperti sekarang. Kaos hanya berwarna putih, belum ada variasi ukuran, kerah, dan lingkar lengan.

 

Penamaan T-shirt sendiri tidak diketahui teorinya secara pasti. Alasan yang paling bisa diterima adalah nama T-shirt berasal dari bentuknya yang mirip dengan huruf T. Ada juga alasan lain yaitu karena para tentara memakai pakaian tersebut sebagai “Training Shirt” sehingga disingkat T-Shirt.

 

Pembahasan sejarah kaos oblong secara singkat ternyata menjawab pertanyaan, “mengapa kaos bisa dinamakan tshirt dalam bahasa inggris?” Ternyata Tshirt singkatan dari Traning Shirt / atau pakaian latihan.

 

Ternyata menarik juga kan belajar mengenai sejarah kaos oblong?

 

Awal Mula Perkembangan Kaos

 

Pembahasan ini masih menjadi lanjutan dari sejarah kaos oblong. Sekarang kita akan membahas awal mula perkembangan kaos di masyarakat.

 

Pada tahun 1947, Marlon Brando mengenakan kaos berwarna abu-abu saat ia berperan sebagai Stanley Kowalsky dalam pentas teater yang berjudul “A Street Named Desire” karya Tenesse William di Broadway, AS.

 

8 tahun berselang tepatnya tahun 1955, giliran James Dean memakai kaos. Penampilan James Dean dalam film itu seketika membuat penonton berdecak kagum dan terpaku. Namun ada juga penonton yang mengecam penampilan James Dean karena menganggap kaos adalah pakaian dalam. Sehingga tidak pantas dipakai sebagai pakaian luar.

 

Seiring berjalannya waktu, polemik seputar kaos kian meluas. Satu golongan menganggap penggunaan kaos sebagai pakaian luar adalah tidak sopan juga tidak beretika. Golongan lain terutama anak muda malah dilanda demam kaos. Menganggap kaos sebagai bagian dari kebebasan mereka.

 

Polemik tersebut justru pada akhirnya semakin melambungkan nama kaos dalam masyarakat. Berkat polemik itu, kaos justru semakin populer di mata masyarakat, yang akibatnya membuat perusahaan-perusahaan konveksi berlomba-lomba membuat kaos. Meskipun awalnya mereka ragu apakah bisnis kaos akan menghasilkan prospek yang cerah. Mereka memproduksi berbagai bentuk dan warna kaos secara besar-besaran. Puncaknya kaos semakin melejit disaat Marlon Brando menjadi model dari produk tersebut.

 

Mungkin disebabkan oleh mewabahnya polemik juga demam masyarakat pada kaos, pada tahun 1961 sebuah organisasi dengan nama “Underwear Institute” (Lembaga Baju Dalam) menuntut agar kaos juga diakui sebagai pakaian yang sopan. Alasannya karena kaos juga merupakan karya busana yang telah menjadi mode.

 

Mulai Populer di Kalangan Anak Muda

 

Mulai tahun 1961 demam kaos semakin menjangkiti kaum muda di seluruh benua amerika – eropa. Apalagi disaat aktor James Dean memakai pakaian itu di dalam filmnya. Semakin membuat kaos diminati oleh anak muda.

 

Seiring berjalannya waktu, meski secara perlahan T-Shirt mulai digunakan sebagai pakaian luar. Bukan lagi hanya sebagai pakaian dalam.  Sebenarnya di tahun 50-an, T-shirt sudah menjadi bagian dari fashion. Namun baru menjadi state of fashion di tahun 60-an. Yaitu pada saat kaum hippies mulai merajai dunia. Kaum hippies menggunakan T-Shirt sebagai simbol anti kemapanan.

 

Dari kaum hippies tersebut para penggiat bisnis mulai menyadari bahwa T-Shirt tak hanya berfungsi sebagai pakaian namun bisa juga digunakan sebagai media promosi yang sangat efektif juga sangat efisien. Alasannya karena T-Shirt memiliki sifat murah, mobile, fungsional. Salah satunya bisa dijadikan souvenir.

 

Melihat sepak terjang kaum hippies menggunakan T-shirt sebagai media propaganda, maka bermunculan kelompok-kelompok lain yang meniru cara mereka. Seperti komunitas punk ataupun organisasi politik. Mereka semua menggunakan T-Shirt sebagai media propaganda karena memiliki kelebihan tahan lama, dapat mencetak beragam statement di atasnya, serta dapat menjangkau lebih luas, terutama pada daerah-daerah yang tidak mampu dijangkau oleh pamflet, spanduk atau liflet.

 

Pada tahap ini kita telah selesai dalam pembahasan sejarah kaos oblong. Semoga anda, para pecinta kaos menjadi terpuaskan setelah membaca sejarah kaos oblong yang begitu singkat ini. Semoga saja tidak kecewa.

 

Sebagai Wujud Identitas Diri ataupun Aspirasi

 

Seiring perkembangan zaman, desain kaos mulai bisa menunjukkan identitas atau jati diri para pemakainya. Contohnya saja orang-orang penyuka musik akan sering memakai kaos dengan desain-desain musik.

 

kaos musik

desain kaos musik 1

 

kaos roker

desain kaos musik 2

 

Contoh lain disaat kita melihat orang memakai kaos dengan desain islami atau biasa disebut kaos dakwah. Orang-orang seperti ini bisa kita duga bahwa memiliki tingkat keagamaan yang bagus atau menjadi golongan orang-orang yang telah berhijrah. Tujuan mereka adalah mengajak kepada kebaikan.

 

kaos dakwah

desain kaos dakwah 1

 

kaos nikah

desain kaos dakwah 2

 

Perkembangan kaos menjadi ajang untuk menunjukkan jati diri. Membuat para desainer semakin leluasa dalam berkarya. Maka mulai bermunculan desain-desain kreatif – inovatif. Tidak hanya dalam bentuk tulisan, bisa foto, gambar, ataupun abstrak. Hal ini membuat kehidupan semakin berwarna dengan munculnya desain-desain baru. Bahkan desain-desain yang dulu tidak bisa diaplikasikan ke kaos saat ini bisa diwujudkan. Dengan adanya kebebasan berkarya.

 

Fungsi Kaos

 

 

Pada awalnya kaos hanya difungsikan sebagai pakaian untuk menutupi tubuh bagian atas. Namun seiring perkembangan zaman fungsi kaos mengalami perluasan. Kaos juga difungsikan sebagai media promosi, juga media aspirasi.

 

Menurut kami pribadi, desain-desain kaos saat ini bisa dibedakan jenisnya dari tujuan pembuatan desain tersebut. Jenis-jenisnya adalah :

  1. Desain karena permintaan konsumen. Desain kaos seperti ini dibuat karena memang ada permintaan konsumen sendiri. Biasanya desain-desain ini dihasilkan oleh jasa pembuatan kaos satuan. Konsumen bisa merequest desain sesuai keinginan mereka. (untuk pembuatan kaos satuan silahkan baca artikel konveksi kaos semarang)
  2. Desain kaos untuk para fans. Jenis-jenis desain kaos untuk para fans berkutat tentang gambar-gambar atau tulisan yang berkaitan dengan publik figur.
  3. Desain kaos untuk kepentingan promosi. Desain kaos promosi digunakan sebagai ajang promosi. Biasanya digunakan untuk promosi produk atau jasa. Terkadang juga digunakan untuk mempromosikan pejabat legislatif (DPR), eksekutif (Walikota, Gubernur, Presiden) saat pemilu.
  4. Desain kaos untuk kepanitiaan. Kaos dengan desain kepanitiaan dibuat untuk kepentingan acara. Biasanya isi desainnya tentang informasi acara tersebut termasuk sponsor-sponsor pendukung.
  5. Desain kaos untuk kebaikan. Kaos dengan desain-desain bertema kebaikan dibuat untuk tujuan kebaikan. Ada beragam juga jenis desainnya, ada kaos dakwah. Isinya mengingatkan tentang agama, ada juga kaos nasehat, kaos motivasi. Intinya desain-desainnya digunakan untuk mengingatkan orang agar menjadi pribadi lebih baik.

 

Kabar baiknya kelima desain di atas bisa dibuat di berkah konveksi. Gratis lagi. Karena cuma kami pabrik konveksi kaos yang menyediakan desain gratis untuk pembuatan kaos satuan ataupun grosir.

 

Nggak percaya? Silahkan langsung datang ke office kami di Jl. Sapta Prasetya Utara VIII no.30 Kelurahan Pedurungan Kidul (cek via google maps)

 

Sejarah Kaos Indonesia

 

Jika di atas kita sudah membahas sejarah kaos oblong secara global, maka sekarang kita akan membahas sejarah kaos oblong di Indonesia.

 

Konon, kaos masuk ke Indonesia melalui tangan Belanda. Namun pada saat itu perkembangannya tidak terlalu pesat. Bagi masyarakat, kaos memiliki gengsi yang tinggi. Ditambah belum majunya teknologi pemintalan  membuat kaos menjadi barang mahal.

 

Pada tahun 1970, perkembangan kaos  baru mulai terasa. Jenis pakaian ini mulai merambah ke pelosok-pelosok desa. Hanya saja penggunaan kaos masih terbatas pada pria. Bentuk dan warnanya juga belum bervariasi seperti sekarang. Saat itu kaos hanya diproduksi dengan warna putih, berbahan katun serta ketat saat dipakai. Swan & 77 adalah beberapa merek yang terkenal saat itu. Meski ada juga merek-merek lain seperti kembang manggis, cabe rawit, dll.

 

Memasuki tahun 1980, industri-industri kreatif mulai bermunculan. Seperti Dagadu di Yogyakarta, Joger di Bali, dan C59 di Bandung. Berbeda dengan kaos di tahun 1970, ketiga industri kreatif tersebut menawarkan desain-desain kaos unik. Warnanya juga beragam. Sampai sekarang, Joger  masih aktif sekaligus merajai industri per-kaosan di bali. Dengan desain berupa kata-kata unik, lucu, juga menarik.

 

Tahun 1990 industri kaos semakin berkembang dengan munculnya insan-insan kreatif berjualan kaos dengan desain sendiri. Diproduksi sendiri serta menjual di toko sendiri. Mereka dikenal dengan nama Distro Clothing. Distro adalah singkatan dari “Distribution Outlet”. Kehadiran Distro ini menjadi penghilang dahaga dari para pemburu kaos dengan desain-desain berbeda atau out of the box.

 

Saat ini selain distro, juga bermunculan para pengusaha kaos satuan. Berbeda dengan distro, pengusaha kaos satuan siap melayani pembuatan kaos dengan jumlah 1 pcs dengan desain sesuai keinginan pribadi.

 

contoh kasus :

Arman ingin membuat kaos untuk istri serta kedua anak-anaknya. Di kaos tersebut ada gambar 4 orang. Satu laki-laki dewasa, 1 perempuan dewasa berhijab, 2 anak kecil, 1 laki-laki, satu perempuan. Di bawah gambar laki-laki dewasa ada tulisan Arman. Sementara Di bawah gambar perempuan dewasa berhijab ada tulisan Dyah. Di bawah gambar laki-laki kecil ada tulisan umar,  di bawah gambar perempuan kecil ada tulisan aisyah. Lalu dibawah sendiri ada tulisan “#keluargajannah”

 

Desain kaos seperti tak akan bisa kita dapati di mal-mal ataupun di distro. Karena mereka memang tidak melayani pemesanan seperti ini. Peluang ini dilihat oleh sebagian pengusaha untuk memulai bisnis kaos satuan. Memang kalau dilihat sekilas bisnis ini tidak terlalu menguntungkan. Hanya membuat capek saja. Tetapi jika ditekuni maka hasilnya akan luar biasa.

 

Kabar baiknya anda tak perlu susah-susah mencari jasa pembuatan kaos satuan di semarang. Bikin aja kaos satuan di berkah konveksi – Pabrik konveksi kaos termurah, tercepat, dan terbagus.

 

Penutup

 

Bagaimana pembahasan sejarah kaos, pengertian kaos, serta fungsi kaos di atas? Apakah sudah menambah pengetahuan anda. Semoga saja bertambah ya. Karena artikel sepanjang ini akan sia-sia jika tidak menambah manfaat sedikitpun.

 

Saat ini kaos telah berubah menjadi pakaian rakyat. Jika pada awalnya kaos hanya berfungsi sebagai pakaian dalam bahkan di Indonesia kaos memiliki gensi tinggi saat ini kaos bisa dipakai dan dinikmati oleh kalayak ramai.

 

Fungsi kaos  yang mampu dijadikan sebagai alas dalam menuangkan kreatifitas hendaknya disikapi secara bijaksana. Meski kebebasan untuk berkreasi untuk dijamin, jangan sampai desain-desain yang kita buat melukai pihak tertentu sehingga menimbulkan perseteruan.

 

Gunakanlah media kaos ini sebijak mungkin. Dan ingat kembali fungsi kaos oblong yang utama yaitu sebagai sarana untuk menutupi aurat kita.

 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua. Jika masih kurang jelas pembahasan sejarah kaos oblong di artikel ini anda bisa langsung baca di wikipedia

 

Pembuatan Kaos Oblong Termurah dan Tercepat

 

Setelah kita membahas mengenai sejarah, fungsi, dan pengertian kaos oblong, kurang lengkap kalau tidak membahas tempat pembuatan kaos oblong.

 

Nah… Buat teman-teman yang lagi nyari tempat pembuatan kaos oblong, silahkan berkunjung ke berkah konveksi. Karena jika pesan kaos di berkah konveksi, teman-teman bisa membuat kaos dengan harga yang murah dan juga gratis desain.

 

Owh iya. Sekarang berkah konveksi juga melayani pembuatan kaos oblong satuan. Jadi bikin kaos satu aja bisa. Dan spesialnya, desainnya bisa request. Kalaupun nggak bisa desain, nanti kita desainkan.

 

Berkah konveksi ini lokasinya di semarang, tetapi karena ini era online, kami juga melayani pembuatan kaos oblong di bandung, di medan, di jogja, di solo, di surabaya. Bahkan untuk pedagang tanah abang yang butuh jasa pembuatan kaos oblong, kami juga siap melayani.

 

Silahkan langsung datang ke alamat kami di Jl. Sapta Prasetya Utara VIII no.30 Kelurahan Pedurungan Kidul Semarang (cek via google maps). Atau bisa langsung hubungi kami di 0856-4105-8609 (pesan via whatsApp)

 

Salam dan semoga bermanfaat.

artikel lainnya Pengetahuan penting untuk pengusaha kaos oblong

Wednesday 24 October 2018 | Kaos

(Last Updated On: April 8, 2020)Baju Partai – Menerima jasa pembuatan baju partai mulai dari Puluhan…

Monday 14 January 2019 | Kaos

(Last Updated On: July 18, 2019)Pabrik Konveksi Kaos – Berkah konveksi adalah pabrik pembuatan kaos yang…

Friday 20 December 2019 | Kaos

(Last Updated On: August 19, 2020)Konveksi Kaos Semarang – Kaos adalah jenis pakaian yang paling banyak digunakan…

Thursday 3 September 2020 | Kaos

(Last Updated On: September 3, 2020)bahan kaos oblong – Assalamualaikum. Bagaimana kabarnya? Semoga anda selalu diberi…

Berkah Konveksi

Jl. Sapta Prasetya Utara VIII no.30
Semarang, Jawa Tengah 50192
Indonesia
Phone: 085641058609
Email: admin@berkahkonveksi.com

Monday9:00 AM - 4:30 PM
Tuesday9:00 AM - 4:30 PM
Wednesday9:00 AM - 4:30 PM
Thursday9:00 AM - 4:30 PM
Friday9:00 AM - 4:30 PM
Saturday9:00 AM - 4:30 PM
SundayClosed

Jl. Sapta Prasetya Utara VIII no.30 Kelurahan Pedurungan Kidul Semarang
085641058609
085641058609
5D85B545
085641058609